program diri


Program Diri
Program diri apa itu program diri itu sendri. Menurut artikel-artikel yang saya baca, program diri berarti suatu bentuk perilaku yang menggunakan pikiran yang positif dalam melakukan suatu hal dengan kegiatan yang sudah direncanakan secara teratur dan tersusun, sehingga dapat mencapai tujuan dan memenuhi kewajiban. Program diri itu adalah hal yang tidak kita sengaja rencanakan dari kecil, namun sekalipun kita rencanakan hanya takdir tuhan yang menentukan. Kita hanya berusaha dan berdoa, dalam program diri itu harus ada hal yang jelas seperti contohnya , jika kita besar nanti mau jadi apa? Kita mau masuk universitas mana? Apa yang akan dilakukan setelah masuk universitas? Dan apa yang kita lakukan setelah lulus nanti? Itulah beberapa hal yang sering kita hadapi  sehari- hari ketika kita mempunyai program untuk diri kita sendiri .
          Di dalam hidup ini, semua orang mempunyai tujuan hidup. Jika kita tidak mempunyai tujuan hidup maka hanya akan menjadi manusia yang tak berguna dan tidak memiliki tujuan hidup atau target yang akan dicapai dalam hidup ini. Kita harus juga mempunyai prinsip yang kuat sehingga akan sulit untuk terpengaruh hal-hal yang negatif dan mengangu jalan kita menujuh impian kita.
 Sebagai manusia Saya juga mempunyai program dalam hidup saya, diantaranya program diri di bangku kuliah.
          Semester pertama saya akan berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan dikampus, dan belajar dengan sebaik yang saya bisa. Berusaha agar semester pertama saya tidak ada waktu yang terbuang percuma. Karena itu sangat merugikan diri kita sendiri dan orang tua yang suadah membiayai kita agar kita bisa bisa merasakan bangku kuliah. Biaya untuk kuliah tidak sedikit sehingga kita perlu belajar dengan sebaik mungkin . Dan berusaha juga berdoa untuk dapat nilai yang terbaik.
          Semester kedua harus mendapat nilai yang lebih baik lagi dari semester pertama, karena kita sudah lebih beradaptasi dengan suasan dan keadaan di kampus. Jadi kita mengetahui bagaimana cara belajar dan apa saja yang harus dikerjakan untuk mendapatkan nilai yang baik.
          Semester tiga dan empat saya ingin meningkatkan nilai yang saya dapat di semester 1 dan 2, dan dari awal saya belajar. Saya harus belajar dengan baik agar mendapatkan nilai yang baik dan hasil yang memuaskan agar tidak merasa menyesal.
          Semester lima dan enam, harus lebih serius dan berusaha untuk bisa membuat program. Dengan begitu apa yang kita pelajari tidak akan sia-sia pada semester 1 – 4. Dan saya akan berusaha untuk dapat nilai dan pengalaman yang lebih baik lagi dari semester-semester sebelumnya.
          Semester tujuh saya mempunyai harapan agar saya bisa menguasai materi yang diajarkan dan membuat program yang lebih baik lagi agar usaha saya dari semester 1-6 tidak sia-sia dan tidak ada penyesalan di akhir.
          Semester delapan saya harus menyusun skripsi tepat waktu agar apa yang telah saya pelajari tidak menjadi sia-sia atau hanya menjadi mimpi disiang bolong dan apa yang saya cita-citakan tercapai dan mendapat hasil yang maksimal. perjuangan selama 8 semester ini tidak berantakan dan hancur. Dan harapan yang besar dalam hidup saya, bisa bekerja sesuai dengan keahlian yang saya miliki.
“Tapi menurut saya bukan nilai yang terpenting tapi pengalaman dan apa saja yang telah kita dapat selama di bangku kuliah karna pengalaman adalah guru yang terbaik , dengan pengalaman kita bisa jadi kita yang sekarang dan dengan pengalaman kita bisa jadi lebih baik lagi”
          Itulah program diri saya selama 8 semester ini, dan harapan saya bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang terbaik  dan mendapat kerja sesuai dengan keahlian yang saya miliki juga minat saya.
          Dari artikel yang saya baca, banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh orang yang memprogram dirinya. Banyak sekali pebedaan yang nyata antara seseorang yang memprogram dirinya dengan orang yang acuh terhadap program diri :

1. Orang yang memprogram dirinya akan berpikir terus ke depan atas tujuan hidupnya sedangkan orang yang tidak berprogram diri mereka hanya akan menjalankan hidup mereka tanpa tujuan yang pasti dan tidak fokus terhadap visi misinya , selalu bimbang dan ragu- ragu dalam mengambil keputusan.
2. Orang yang memprogram dirinya akan berpikiran positif dalam meghadapi masalahnya , dan optimis bisa dalam menyelesaikan, sedangkan orang yang tidak memprogram dirinya mereka akan cenderung menghindar dari masalah dan tidak mau tahu cara menyelesaikan masalah serta pesimis terhadapnya memilih jalan yg instan tanpa memikirkan dampak kedepanya.
3. Orang yang memprogram dirinya akan memiliki semangat dan sepenuh hati dalam melaksankan tugas dan kewajibannya sedangkan orang yang tidak memprogram diri mereka cenderung menjalankan tugasnya sebagai beban yang berat dan malas untuk diselesaikan.
4. Orang yang memprogram dirinya tidak akan putus asa jika dia gagal dalam tugasnya dan terus berusaha agar tercapai impianya, sedangkan orang yang tidak mengembangkan diri mereka akan berptus asa dalam menjalankan tugasnya.
5. Orang yang memprogram diri akan selalu hati hati dan memikirkan dampaknya dalam melakukan tugasnya sedangkan orang yang tidak memprogram diri akan mengerjakan sesuatu tidak dengan serius.

Masih banyak lagi manfaat dari memprogram diri yang belum disebutkan ,karena program diri memiliki manfaat yang besar .Bahkan, apabila kita semua memprogram diri maka akan berkemungkinan besar negara Indonesia hidup sejahtera dan masalah ekonomi, politik, dll teratasi dengan baik.
Memprogram diri kita sendiri itu adalah hal yang sangat penting bagi kita, hal itu akan mempermudah kita untuk serius dalam menjalani sesuatu. Dan kita tetap mempunyai suatu hal yang kita rencanakan kedepannya, baik buruknya hasilnya itu tergantung diri kita sendiri.
Cara memprogram diri dengan baik yaitu :
1. Mengubah pola pikir
Dengan mengubah pola pikir kita menjadi lebih dewasa, bijak dan berfikir lebih real seseorang akan mudah merubah kemauannya dalam menjalankan tugasnya dan kewajibannya. Dengan senang hati , dan mereka juga harus mengubah pikiran alam bawah sadarnya menjadi sesuatu tujuan yang ingin mereka capai.
2. Berpikiran positif
Orang yang tidak berpikiran positif atau berputus asa dalam melakukan tugasnya maka orang tersebut di anggap gagal memprogram dirinya menjadi lebih baik, sehingga mereka termasuk orang yang kurang beruntung dalam menghadapi permasalahan hidupnya. Jadi jika dihadapkan pada satu masalah berusahalah untuk berfikiran positif agar apapun masalahnya kita akan merasa ada pelajaran yang bisa kita ambil dari masalah yang kita hadapi dan rahasia dibaliknya.
3. Disiplin
Tanpa disiplin maka sia sia seseorang yang telah menjadwalkan tugasnya tetapi dia tidak mengerjakannya, karena itu sama saja dengan membuang- buang waktu, jika tidak pernah menghagai waktu akan timbul penyesalan di dalam diri kita. Dan disiplin juga dapat mempertahankan komitmen yang ada dalam mengerjakan tugas sehingga tujuan kesuksesan tercapai dengan baik.
4. Visioner
Visioner adalah orang yang mau memikirkan masa depan. Misi misi yang perlu di capai sehingga orang tersebut mau untuk memikirkan masa depan adalah dengan menjalankan 3 komponen yang penting di atas yaitu merubah pola pikir, disiplin, dan berpikir positif.

5. Mengembangkan diri
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan dengan cara sendiri atau mandiri. Orang yang memprogram diri tentu dia membutuhkan ilmu untuk menyelesaikan masalhnya. Jika dia tidak memiliki ilmu dan wawasan yang luas tentu akan sulit untuk menyelesaikan masalah. Karna tidak mungkin tuhan memberikan cobaan lebih dari batas yang kita mampu dan tuhan tidak akan meningalkan kita setelah membawa kita sejauh ini. Ingat lah tuhan tidak pernah tidur dan meningalkan kita.


Komentar

Postingan Populer