ILMU
Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang
berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya,
ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial
dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.
konsep ilmu sudah banyak digagas oleh para ilmuan, baik
ilmuan yang hidup pada zaman dahulu maupun ilmuan pada masa sekarang.
Ilmuan Indonesia
pun tidak ketinggalan , mereka telah menyumbangkan konsep ilmu khazana
intelektual di negeri ini khususnya dan dunia umumnya.
Konsep Ilmu menurut para ahli :
- Mulyadhi Kartanegara (2000)
Konsep ilmu dalam islam meliputi
yang ghaib (metafisik) dan nyata (fisik) yang dipelopori oleh indera, akal, dan
intuisi/nalar.
- Afzalur Rahmat
Konsep ilmu menurut penulis buku
ensiklopedia ilmu dalam al-quran ini adalah: … ilmu dapatmenggapai sang
pencipta melalui observasi yang teliti dan tepat tentang hukum-hukum yang
mengatur alam ini.
- Al Ghazali
Dalam ihya ulumudhin, al ghazali
mengungapkan tentang konsep ilmu. Menurut al ghazali, ilmu terbagi ke dalam dua
bagian, yaitu:
- Ilmu – ilmu yang berkaitan dengan aqidah dan ibadah wajib. Setiap orang wajibmeneladani ilmu-ilmu tersebut (fardhu ain)
- Ilmu – ilmu yangberkaitan dengan public , misalnya: ilmu kedokteran, ilmu sosiologi, ilmu computer, dan lain-lain. Tidak semua orang wajib mempelajari ilmu- ilmu tersebut. Beberapa orang saja yang mempelajarinya sudah cukup (fardhu kafiah).
·
Danar
Johar dan Ian Marshal
Danar Johar dan Ian Marshal ini
mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul SQ (kecerdasan spiritual) bahwa ilmu
pengetahuan membantu manusia untuk memahami hal-halyang bersifat spiritual.
·
Plato
Konsep ilmu yang digagas oleh
Plato, yaitu konsep ide sebagai realitas sejati. Adapun pengalaman dan
penelitian merupakan ingatan dari dunia ide.
- Anaximandros
Dia berpendapat bahwa : semua
adalah tak terbatas.
- Thales dari Milletos
Ilmuan yang satu ini menyampaikan
konsep ilmu sebagai berikut, semua dalah air
- Aristoteles
MuriD Plato ini menyumbangakan
pemikiranya yang bersebrangan dengan gurunya. Konsep ilmu yang di tawarkan
mengenai realitas sejati merupakan hasil dari melihat, mengamati, mendengar,
dan meneliti suatu objek. Kemudia, akal pikiranlah yang akan mengolah menjadi
suatu kesadaran.
Konsep Ilmu Dalam pandangan al-quran dan bibel
- Konsep Ilmu di dalam Al-Quran
Sesunguhnya dalam penciptaan
langit dan bumi, silih berganti siang dan malam, terdapat tanda – tanda bagi
orang –orang yang berakal. (yaitu) orang – orang yang mengingat Allah sambil
berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan
penciptaan langit dan bumi … (Al-Quran, surat
ali-imran[3]: 190-191)
- Konsep Ilmu di Dalam Bimbel
Eranakcuculah dan bertambah
banyak ; penuhilah bumi dan taklukanlah itu, berkuasalah atas ikan – ikan
dilaut dan burung – burung di udara dan segala binatang yang merayap di bumi. (
Al-Kitab kejadian 1:28b)
Pengertian Ilmu
Berikut ini adalah pengertian dan definisi ilmu menurut beberapa ahli:
1. M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya
2. THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya
3. Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
4. NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)
5. POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris
6. MINTO RAHAYU
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji
7. POPPER
ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
8. DR. H. M. GADE
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia
9. FRANCIS BACON
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan
10. CHARLES SINGER
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge)
(indahf/Carapedia)
Ciri-ciri Ilmu
Ilmu adalah sebahagian daripada aspek kognitif yang terdapat dalam diri manusia. Maka dengan itu ilmu adalah berkaitan dengan aspek kognitif manusia yang lain seperti pengetahuan, pengalaman, dan juga perasaan. Tetapi pada masa yang sama, ilmu adalah berbeza dengan perkara-perkara ini dan ciri-cirinya adalah seperti berikut:
Ilmu boleh dipertuturkan
Ciri ini membezakan ilmu dengan perasaan dan pengalaman. Contohnya, sesetengah "pengalaman diri" seperti mimpi adalah sukar dipertuturkan melalui bahasa. Tetapi bagi ilmu, ia haruslah sesuatu yang dapat dipertuturkan melalui bahasa.
Ilmu mempunyai nilai
kebenaran
Sesuatu yang digelar sebagai ilmu biasanya dianggap benar. Ciri ini membezakan pengucapan ilmu dengan pengucapan sasastera yang biasanya mengandungi unsur-unsur tahayul.
Sesuatu yang digelar sebagai ilmu biasanya dianggap benar. Ciri ini membezakan pengucapan ilmu dengan pengucapan sasastera yang biasanya mengandungi unsur-unsur tahayul.
Ilmu adalah objektif
Ciri ini bermaksud bahawa ilmu adalah sesuatu yang tidak dapat diubah menurut keinginan ataupun kesukaan seseorang individu.
Ciri ini bermaksud bahawa ilmu adalah sesuatu yang tidak dapat diubah menurut keinginan ataupun kesukaan seseorang individu.
Ilmu diperolehi
melalui kajian
Ilmu adalah hasil daripada kajian. Ia bukanlah sesuatu rekaan. Ilmu mengenai cara memeroleh ilmu itu dikenali sebagai perkaedahan penyelidikan ilmiah
Ilmu adalah hasil daripada kajian. Ia bukanlah sesuatu rekaan. Ilmu mengenai cara memeroleh ilmu itu dikenali sebagai perkaedahan penyelidikan ilmiah
Kandungan Ilmu
sentiasa bertambah
Ilmu adalah sentiasa berada dalam proses pertemabahan, pemantapan dan penyempurnaan.
Ilmu adalah sentiasa berada dalam proses pertemabahan, pemantapan dan penyempurnaan.
Penjenisan Ilmu
Ilmu boleh dibahagikan kepada beberapa jenis menurut kriteria yang tertentu. Pada masa kini, ilmu lazimnya dibahagi kepada 3 kategori yang besar yakni:
Sains Fizikal
Fizik
Kimia
Biologi
Perubatan
Farmasi
Kejuruteraan
Matematik
Astronomi
Lain-lain lagi
Sains Sosial
Sosiologi
Antropologi
Geografi Manusia
Sejarah
Politik
Perundangan
dan lain-lain
Sains Kemanusiaan
Bahasa
Falsafah
Seni
kesusasteraan
dan lain-lain
Penjenisan ilmu dengan cara ini adalah diterima oleh masyarakat umum. Dalam penjenisan ini, sains tabii mewakili bidang ilmiah yang mengkaji benda-benda fizikal semula jadi, yakni benda-benda yang bukan dicipta oleh manusia. Manakala sains sosial pula merupakan bidang ilmiah yang mengkaji masyarakat manusia yang merupakan sesuatu yang terbina oleh manusia sendiri tetapi pada masa yang sama juga merupakan sesuatu yang objektif kepada manusia. Manakala sains kemanusiaan pula, adalah mengkaji perkara-perkara yang dicipta oleh kreativiti manusia semata-mata.
Pengkelompokan ilmu kepada 3 kelompok seperti apa yang dilakukan di atas , merupakan klasifikasi ilmu yang dibuat oleh Universiti Harvard pada tahun 1928.
Di samping
klasifikasi ilmu ini, terdapat juga sarjana yang membuat klasifikasi ilmu
dengan cara sendiri, contohnya Philip Phoenix telah membahagikan ilmu kepada 6
pola yakni:
Simbolik
Contoh: Matematik, Bahasa
Simbolik
Contoh: Matematik, Bahasa
Empiriks
Contoh: Fizik, Kimia, Biologi
Estetik
Contoh: Seni, Muzik
Etik
Contoh: Moral
Sinetik
Contoh: Pengetahuan Individu
Sinoptik
Contoh: Sejarah, Agama, Falsafah
Syarat-syarat ilmu
Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus tentang apa penyebab sesuatu dan mengapa. Ada persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.
Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri
dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun
bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena
masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah
kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, sehingga disebut
kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek
penunjang penelitian.
adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk
meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran.
Konsekuensinya, harus ada cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran.
Metodis berasal dari bahasa Yunani “Metodos” yang berarti: cara, jalan. Secara
umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada
metode ilmiah.
Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan
menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang
teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh,
menyeluruh, terpadu , dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut
objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab
akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.
Kebenaran yang hendak dicapai adalah
kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua
segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat.
Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang
dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan
manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu
sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.
Oleh: Ading Nashrulloh
Kesadaran manusia secara garis besar terbagi atas tiga dimensi yang amat penting. Pengalaman, perasaan dan pengetahuan. Ketiga dimensi itu berbeda secara substantif tetapi sangat saling berkaitan.
Pengetahuan adalah apa yang diketahui oleh manusia atau hasil pekerjaan manusia menjadi tahu. Pengetahuan itu merupakan milik atau isi pikiran manusia yang merupakan hasil dari proses usaha manusia untuk tahu. Dalam perkembangannya pengetahuan manusia berdiferensiasi menjadi empat cabang utama, filsasat, ilmu, pengetahuan dan wawasan. Untuk melihat perbedaan antara empat cabang itu, saya berikan contohnya: Ilmu kalam (filsafat), Fiqih (ilmu), Sejarah Islam (pengetahuan), praktek Islam di Indonesia (wawasan). Bahasa, matematika, logika dan statistika merupakan pengetahuan yang disusun secara sistematis, tetapi keempatnya bukanlah ilmu. Keempatnya adalah alat ilmu.
Setiap ilmu (sains) adalah pengetahuan (knowledge), tetapi tidak setiap pengetahuan adalah ilmu. Ilmu adalah semacam pengetahuan yang telah disusun secara sistematis. Bagaimana cara menyusun kumpulan pengetahuan agar menjadi ilmu? Jawabnya pengetahuan itu harus dikandung dulu oleh filsafat , lalu dilahirkan, dibesarkan dan diasuh oleh matematika, logika, bahasa, statistika dan metode ilmiah. Maka seseorang yang ingin berilmu perlu memiliki pengetahuan yang banyak dan memiliki pengetahuan tentang logika, matematika, statistika dan bahasa. Kemudian pengetahuan yang banyak itu diolah oleh suatu metode tertentu. Metode itu ialah metode ilmiah. Pengetahuan tentang metode ilmiah diperlukan juga untuk menyusun pengetahuan-pengetahuan tersebut untuk menjadi ilmu dan menarik pengetahuan lain yang dibutuhkan untuk melengkapinya.
Untuk bepengetahuan seseorang cukup buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan. Adapun untuk berilmu, maka metodenya menjadi lebih serius. Tidak sekedar buka mata, buka telinga, pahami realitas, hafalkan, sampaikan, secara serampangan. Seseorang yang ingin berilmu, pertama kali ia harus membaca langkah terakhir manusia berilmu, menangkap masalah, membuat hipotesis berdasarkan pembacaan langkah terakhir manusia berilmu, kemudian mengadakan penelitian lapangan, membuat pembahasan secara kritis dan akhirnya barulah ia mencapai suatu ilmu. Ilmu yang ditemukannya sendiri.
Apa maksud “membaca langkah terakhir manusia berilmu” ? Postulat ilmu mengatakan bahwa ilmu itu tersusun tidak hanya secara sistematis, tetapi juga terakumulasi disepanjang sejarah manusia. Tidak ada manusia, bangsa apapun yang secara tiba-tiba meloncat mengembangkan suatu ilmu tanpa suatu dasar pengetahuan sebelumnya. Katakanlah bahwa sebelum abad renaisansi di Eropa, bangsa Eropa berada dalam kegelapan yang terpekat. Karena larut dalam filsafat skolastik yang mengekang ilmu dan peran gereja. Para ilmuwan dan para filsafat abda itu tentu memiliki guru-guru yang melakukan pembacaan terhadap mereka tentang sampai batas terakhir manusia berilmu di zaman itu. Ilmu kimia abad modern sekarang adalah berpijak pada ilmu kimia, katakanlah abad 10 masehi yang berada di tangan orang-orang Islam. Dan ilmu kimia di abad 10 masehi itu tentu bepijak pula pada ilmu kimia abad 3500 tahun sebelum masehi, katakanlah itu misalanya dari negri dan zaman firaun.
Jadi seseorang yang ingin berilmu manajemen, misalnya, maka ia harus mengumpulkan dulu pengetahuan-pengetahuan mnajemen yang telah disusun sampai hari kemarin oleh para ahli ilmu tersebut dan merentang terus kebelakang sampai zaman yang dapat dicapai oleh pengetahuan sejarah.
Cara praktis, cepat, kompatibel, kredibel, aksesibel, dan lain-lain bel positif lainnya, untuk berilmu ialah dengan sekolah formal, dari SD hingga S3. Beruntunglah kawan-kawan yang bisa meraih gelar sarjana. Gelar magister dan seterusnya. Memang sekalipun gelar sudah s3 tapi koq masih terasa haus juga terhadap ilmu. Itu karena ilmu yang ada pada dirinya sebenarnya barus sedikit dari khazanah ilmu yang pernah disusun manusia, sedang disusun, dan apalagi jika dibanding dengan ilmu di masa depan sampai haru kiamat nanti.
Pemodelan, teori, dan hukum
Artikel utama: metode ilmiahIstilah "model", "hipotesis", "teori", dan "hukum" mengandung arti yang berbeda dalam keilmuan dari pemahaman umum. Para ilmuwan menggunakan istilah model untuk menjelaskan sesuatu, secara khusus yang bisa digunakan untuk membuat dugaan yang bisa diuji dengan melakukan percobaan/eksperimen atau pengamatan.
Suatu hipotesis adalah dugaan-dugaan yang belum didukung atau dibuktikan oleh percobaan, dan hukum fisika atau hukum alam adalah generalisasi ilmiah berdasarkan pengamatan empiris.
Matematika dan metode ilmiah
Matematika sangat penting bagi keilmuan, terutama dalam peran yang dimainkannya dalam mengekspresikan model ilmiah. Mengamati dan mengumpulkan hasil-hasil pengukuran, sebagaimana membuat hipotesis dan dugaan, pasti membutuhkan model dan eksploitasi matematis. Cabang matematika yang sering dipakai dalam keilmuan di antaranya kalkulus dan statistika, meskipun sebenarnya semua cabang matematika memunyai penerapannya, bahkan bidang "murni" seperti teori bilangan dan topologi.Beberapa orang pemikir memandang matematikawan sebagai ilmuwan, dengan anggapan bahwa pembuktian-pembuktian matematis setara dengan percobaan. Sebagian yang lainnya tidak menganggap matematika sebagai ilmu, sebab tidak memerlukan uji-uji eksperimental pada teori dan hipotesisnya. Namun, dibalik kedua anggapan itu, kenyataan pentingnya matematika sebagai alat yang sangat berguna untuk menggambarkan/menjelaskan alam semesta telah menjadi isu utama bagi filsafat matematika.
Lihat Eugene Wigner, The Unreasonable Effectiveness of Mathematics.
Richard Feynman berkata, "Matematika itu tidak nyata, tapi terasa nyata. Di manakah tempatnya berada?", sedangkan Bertrand Russell sangat senang mendefinisikan matematika sebagai "subjek yang kita tidak pernah tahu apa yang sedang kita bicarakan, dan kita tidak tahu pula kebenarannya."
Islam dan Ilmu
ILMU DALAM PANDANGAN ISLAM
Uhar Suharsaputra
1.
Apakah Ilmu itu ?
Ilmu merupakan kata yang
berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau
mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science,
sedang pengetahuan dengan knowledge. Dalam bahasa Indonesia kata science umumnya
diartikan Ilmu tapi sering juga diartikan dengan Ilmu Pengetahuan, meskipun
secara konseptual mengacu paada makna yang sama. Untuk lebih memahami
pengertian Ilmu (science) di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian :
“Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang
disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan
untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu (Kamus
Besar Bahasa Indonesia)
“Science
is knowledge arranged in a system, especially obtained by observation and
testing of fact (And English reader’s dictionary)
“Science
is a systematized knowledge obtained by study, observation, experiment”
(Webster’s super New
School and Office
Dictionary)
dari pengertian di atas
nampak bahwa Ilmu memang mengandung arti pengetahuan, tapi pengetahuan dengan
ciri-ciri khusus yaitu yang tersusun secara sistematis atau menurut Moh Hatta
(1954 : 5) “Pengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan disebut Ilmu”.
2.
Kedudukan Ilmu Menurut Islam
Ilmu menempati kedudukan
yang sangat penting dalam ajaran islam , hal ini terlihat dari banyaknya ayat AL qur’an yang memandang
orang berilmu dalam posisi yang tinggi dan mulya disamping hadis-hadis nabi
yang banyak memberi dorongan bagi umatnya untuk terus menuntut ilmu.
Didalam Al qur’an , kata
ilmu dan kata-kata jadianya di gunakan lebih dari 780 kali , ini bermakna bahwa
ajaran Islam sebagaimana tercermin dari AL qur’an sangat kental dengan nuansa
nuansa yang berkaitan dengan ilmu, sehingga dapat menjadi ciri penting
dariagama Islam sebagamana dikemukakan oleh Dr Mahadi Ghulsyani9(1995;; 39)
sebagai berikut ;
‘’Salah satu
ciri yang membedakan Islam dengan yang lainnya adalah penekanannya terhadap
masalah ilmu (sains), Al quran dan Al –sunah mengajak kaum muslim untuk mencari
dan mendapatkan Ilmu dan kearifan ,serta menempatkan orang-orang yang
berpengetahuan pada derajat tinggi’’
ALLah
s.w.t berfirman dalam AL qur;’an surat AL
Mujadalah ayat 11 yang artinya:
“ALLah
meninggikan baeberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang berirman diantara
kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmupengetahuan).dan ALLAH maha
mengetahui apa yang kamu kerjakan”
ayat di atas dengan jelas
menunjukan bahwa orang yang beriman dan berilmu akan menjadi memperoleh
kedudukan yang tinggi. Keimanan yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong
untuk menuntut ILmu ,dan Ilmu yang dimiliki seseorang akan membuat dia sadar
betapa kecilnya manusia dihadapan ALLah ,sehingga akan tumbuh rasakepada ALLah
bila melakukan hal-hal yang dilarangnya, hal inisejalan dengan fuirman ALLah:
“sesungguhnya yang takut kepada allah diantara hamba
–hambanya hanyaklah ulama (orang berilmu) ; (surat faatir:28)
Disamping ayat –ayat Qur’an
yang memposisikan Ilmu dan orang berilmu sangat istimewa, AL
qur’an juga mendorong umat islam untuk berdo’a agar ditambahi ilmu, seprti
tercantum dalam AL
qur’an sursat Thaha ayayt 114 yang artinya “dan
katakanlah, tuhanku ,tambahkanlah kepadaku ilmu penggetahuan “.
dalam hubungan inilah konsep membaca, sebagai salah satu wahana menambah ilmu
,menjadi sangat penting,dan islam telah sejak awal menekeankan pentingnya
membaca , sebagaimana terlihat dari firman ALLah yang pertama diturunkan yaitu
surat Al Alaq ayat 1sampai dengan ayat 5 yang artuinya:
“bacalah dengan meyebut
nama tuhanmu yang menciptakan. Dia
telah menciptakan Kamu
dari segummpal darah .
Bacalah,dan tuhanmulah
yang paling pemurah.
Yang mengajar (manusia
) dengan perantara kala .
Dia mengajarkan kepada
manusia apa yang tidak diketahui.”
Ayat –ayat trersebut ,
jelas merupakan sumber motivasi bagi umat islam untuk tidak pernah berhenti
menuntut ilmu,untuk terus membaca ,sehingga posisi yang tinggi dihadapan ALLah
akan tetap terjaga, yang berearti juga rasa takut kepeada ALLah akan menjiwai
seluruh aktivitas kehidupan manusia untuk melakukan amal shaleh , dengan demikian
nampak bahwa keimanan yang dibarengi denga ilmu akan membuahkan amal ,sehingga
Nurcholis Madjd (1992: 130) meyebutkan bahwa keimanan dan amal perbuatan
membentuk segi tiga pola hidup yang kukuh ini seolah menengahi antara iman dan
amal .
Di samping ayat –ayat AL qur”an, banyak
nyajuga hadisyang memberikan dorongan kuat untukmenuntut Ilmu antara lain hadis
berikut yang dikutip dari kitab jaami’u Ashogir (Jalaludin-Asuyuti, t. t :44 )
:
“Carilah ilmu
walai sampai ke negri Cina ,karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib
bagisetuap muslim’”(hadis riwayat Baihaqi).
“Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina, karena sesungguhnya menuntut
ilmu itu wajib bagi setiap muslim . sesungguhnya Malaikat akan meletakan
sayapnya bagi penuntut ilmu karena rela atas apa yang dia tuntut “(hadist
riwayat Ibnu Abdil Bar).
Dari hadist tersebut di
atas , semakin jelas komitmen ajaran Islam pada ilmu ,dimana menuntut ilmu
menduduki posisi fardhu (wajib) bagi umat islam tanpa mengenal batas wilayah,
3.
Klarsfikasi Ilmu menurut ulama islam.
Dengan melihat uraian
sebelumnya ,nampak jelas bagaimana kedudukan ilmu dalam ajaran islam . AL qur’an telah
mengajarkan bahwa ilmu dan para ulama menempati kedudukan yang sangat
terhormat, sementara hadis nabimenunjukan bahwa menuntut ilmu merupakan suatu
kewajiban bagi setiap muslim. Dari sini timbul permasalahan apakah segala macam
Ilmu yang harus dituntut oleh setiap muslim dengan hukum wajib (fardu), atau
hanya Ilmu tertentu saja ?. Hal ini mengemuka mengingat sangat luasnya
spsifikasi ilmu dewasa ini .
Pertanyaan tersebut di
atas nampaknya telah mendorong para ulama untuk melakukan pengelompokan
(klasifikasi) ilmu menurut sudut pandang masing-masing, meskipun prinsip
dasarnya sama ,bahwa menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim. Syech Zarnuji
dalam kitab Ta’liimu AL Muta‘alim (t. t. :4) ketika menjelaskan hadis bahwa
menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim menyatakan :
“Ketahuilah
bahwa sesungguhya tidak wajib bagi setiap muslim dan muslimah menuntutsegsls
ilmu ,tetapi yang diwajibkan adalah menuntut ilmu perbuatan (‘ilmu AL hal) sebagaimana
diungkapkan ,sebaik-baik ilmu adalah Ilmu perbuaytan dan sebagus –bagus amal
adalah menjaga perbuatan”.
Kewajiban
manusia adalah beribadah kepeda ALLah, maka wajib bagi manusia(Muslim
,Muslimah) untuk menuntut ilmu yang terkaitkan dengan tata cara tersebut
,seprti kewajiban shalat, puasa, zakat, dan haji ,mengakibatkan wajibnya
menuntut ilmu tentang hal-hal tersebut . Demikianlah nampaknya semangat
pernyataan Syech Zarnuji ,akan tetapi sangat di sayangkan bahwa beliau tidak
menjelaskan tentang ilmu-ilmu selain “Ilmu
Hal” tersebut lebih jauh di dalam kitabnya.
Sementara
itu Al Ghazali di dalam Kitabnya Ihya
Ulumudin mengklasifikasikan Ilmu dalam dua kelompok yaitu 1). Ilmu
Fardu a’in, dan 2). Ilmu Fardu Kifayah, kemudian beliau menyatakan pengertian
Ilmu-ilmu tersebut sebagai berikut :
“Ilmu fardu a’in . Ilmu tentang cara amal perbuatan
yang wajib, Maka orang yang mengetahui ilmu yang wajib dan waktu wajibnya,
berartilah dia sudah mengetahui ilmu fardu a’in “ (1979 : 82)
“Ilmu fardu kifayah. Ialah tiap-tiap ilmu yang tidak
dapat dikesampingkan dalam menegakan urusan duniawi “ (1979 : 84)
Lebih
jauh Al Ghazali menjelaskan
bahwa yang termasuk ilmu fardu a’in ialah ilmu agama dengan segala cabangnya,
seperti yang tercakup dalam rukun Islam, sementara itu yang termasuk dalam ilmu
(yang menuntutnya) fardhu kifayah antara lain ilmu kedokteran, ilmu berhitung
untuk jual beli, ilmu pertanian, ilmu politik, bahkan ilmu menjahit, yang pada
dasarnya ilmu-ilmu yang dapat membantu dan penting bagi usaha untuk menegakan
urusan dunia.
Klasifikasi Ilmu yang lain dikemukakan oleh Ibnu Khaldun yang membagi kelompok ilmu
ke dalam dua kelompok yaitu :
1. Ilmu yang merupakan suatu yang alami pada manusia,
yang ia bisa menemukannya karena kegiatan berpikir.
2. Ilmu yang bersifat tradisional (naqli).
bila
kita lihat pengelompokan di atas , barangkali bisa disederhanakan menjadi 1).
Ilmu aqliyah , dan 2). Ilmu naqliyah.
Dalam penjelasan selanjutnya Ibnu Khaldun menyatakan
:
“Kelompok pertama itu adalah ilmu-ilmu hikmmah dan
falsafah. Yaituilmu pengetahuan yang bisa diperdapat manusia karena alam
berpikirnya, yang dengan indra—indra kemanusiaannya ia dapat sampai kepada
objek-objeknya, persoalannya, segi-segi demonstrasinya dan aspek-aspek
pengajarannya, sehingga penelitian dan penyelidikannya itu menyampaikan kepada
mana yang benar dan yang salah, sesuai dengan kedudukannya sebagai manusia
berpikir. Kedua, ilmu-ilmu tradisional (naqli dan wadl’i. Ilmu itu secara
keseluruhannya disandarkan kepada berita dari pembuat konvensi syara “ (Nurcholis Madjid, 1984 : 310)
dengan
demikian bila melihat pengertian ilmu untuk kelompok pertama nampaknya mencakup
ilmu-ilmu dalam spektrum luas sepanjang hal itu diperoleh melalui kegiatan
berpikir. Adapun untuk kelompok ilmu yang kedua Ibnu Khaldun merujuk pada ilmu
yang sumber keseluruhannya ialah ajaran-ajaran syariat dari al qur’an dan
sunnah Rasul.
Ulama
lain yang membuat klasifikasi Ilmu adalah Syah Waliyullah, beliau adalah ulama
kelahiran India tahun 1703 M. Menurut pendapatnya ilmu dapat dibagi ke dalam
tiga kelompok menurut pendapatnya ilmu dapat dibagi kedalam tiga kelompok yaitu
: 1). Al manqulat, 2). Al ma’qulat, dan 3). Al maksyufat. Adapun pengertiannya
sebagaimana dikutif oleh A Ghafar Khan dalam tulisannya yang berjudul “Sifat,
Sumber, Definisi dan Klasifikasi Ilmu Pengetahuan menurut Syah Waliyullah” (Al
Hikmah, No. 11, 1993), adalah sebagai berikut :
1). Al manqulat adalah semua
Ilmu-ilmu Agama yang disimpulkan dari atau mengacu kepada tafsir, ushul al
tafsir, hadis dan al hadis.
2). Al ma’qulat adalah semua ilmu dimana akal pikiran
memegang peranan penting.
3). Al maksyufat adalah ilmu yang
diterima langsung dari sumber Ilahi tanpa keterlibatan indra, maupun pikiran
spekulatif
Selain
itu, Syah Waliyullah juga membagi ilmu pengetahuan ke dalam dua kelompok yaitu
: 1). Ilmu al husuli, yaitu ilmu pengetahuan yang bersifat indrawi, empiris,
konseptual, formatif aposteriori dan 2). Ilmu al huduri, yaitu ilmu pengetahuan
yang suci dan abstrak yang muncul dari esensi jiwa yang rasional akibat adanya
kontak langsung dengan realitas ilahi .
Meskipun
demikian dua macam pembagian tersebut tidak bersifat kontradiktif melainkan
lebih bersifat melingkupi, sebagaimana dikemukakan A.Ghafar Khan bahwa al manqulat
dan al ma’qulat dapat tercakup ke dalam ilmu al husuli
4. Apakah filsafat itu ?
Secara etimologis filsafat berasal dari bahasa Yunani
dari kata “philo” berarti cinta dan” sophia” yang berarti kebenaran, sementara
itu menurut I.R. Pudjawijatna (1963 : 1) “Filo artinya cinta dalam arti yang
seluas-luasnya, yaitu ingin dan karena ingin lalu berusaha mencapai yang
diinginkannya itu . Sofia
artinya kebijaksanaan , bijaksana artinya pandai, mengerti dengan mendalam,
jadi menurut namanya saja Filsafat boleh dimaknakan ingin mengerti dengan
mendalam atau cinta dengan kebijaksanaan.
Ilmu
mengkaji hal-hal yang bersifat empiris dan dapat dibuktikan, filsafat mencoba mencari jawaban terhadap
masalah-masalah yang tidak bisa dijawab oleh Ilmu dan jawabannya bersifat
spekulatif, sedangkan Agama
merupakan jawaban terhadap masalah-masalah yang tidak bisa dijawab oleh
filsafat dan jawabannya bersifat mutlak. Menurut Sidi Gazlba (1976 : 25)
Pengetahuan ilmu lapangannya segala sesuatu yang dapat diteliti (riset dan/atau
eksperimen) ; batasnya sampai kepada yang tidak atau belum dapat dilakukan
penelitian. Pengetahuan filsafat : segala sesuatu yang dapat dipikirkan oleh
budi (rasio) manusia yang alami (bersifat alam) dan nisbi; batasnya ialah batas
alam namun demikian ia juga mencoba memikirkan sesuatuyang diluar alam, yang
disebut oleh agama Tuhan. Sementara itu Oemar Amin Hoesin (1964 : 7) mengatakan
bahwa ilmu memberikan kepada kita pengetahuan, dan filsafat memberikan hikmat
5. Apakah Filsafat Ilmu itu ?
filsat ilmu pada dasarnya merupakan upaya untuk menyoroti dan mengkaji
ilmu, dia berkaitan dengan pengkajian tentang obyek ilmu, bagaimana
memperolehnya serta bagaimana dampai etisnya bagi kehidupan masyarakat. Secara
umum kajian filsafat ilmu mencakup :
1) Aspek ontologis
2) Aspek epistemologis
3) Axiologis
Aspek ontologis berkaiatan dengan obyek ilmu, aspek epistemologis
berkaiatan dengan metode, dan aspek axiologis berkaitan dengan pemanfatan ilmu.
Dari sudut ini folosuf muslim telah berusaha mengkajinya dalam suatu kesatuan
dengan prinsip dasar nilai-nilai keislamanyang bersumebr pada Al Qur’an dan
Sunnah Rasul.
ilmu adalah akan kau temukan dengan akal yang di gunakan
untuk berfikir....dengn iqra....iqra..dan iqra..itulah wahyu pertama yg
diturunkan Allah kepada nabi Muhammad SAW.
dengan ilmu pula Allah meninggikan derajat manusia setingkat lebih tinggi,,maka jadilah manusia khalifah di bumi ini yang di lengkapi dengan akal dan nafsu..maka tugas kita adlaah bagaimana supaya akal dapat mengendalikan nafsu...bukan nafsu yg mengendalikan akal...
dengan ilmu pula Allah meninggikan derajat manusia setingkat lebih tinggi,,maka jadilah manusia khalifah di bumi ini yang di lengkapi dengan akal dan nafsu..maka tugas kita adlaah bagaimana supaya akal dapat mengendalikan nafsu...bukan nafsu yg mengendalikan akal...
Materi Referensi:
carapedia.com/pengertian_definisi_ilmu_menurut_para_ahli
Prof. Dr. C.A. van Peursen: Filsafat Sebagai Seni untuk
Bertanya. Dikutip dari buku B. Arief Sidharta. Apakah Filsafat dan Filsafat
Ilmu Itu?, Pustaka Sutra, Bandung 2008. Hal 7-11.
Wahid, Ramli Abdul. Ulumul Qu'ran, Grafindo, Jakarta, 1996, hal. 7.
Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu
Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Halaman 8.
http://filsafatindonesia1001.wordpress.com/2009/07/22/perbedaan-antara-ilmu-dan-pengetahuan/
http://uharsputra.wordpress.com/filsafat/islam-dan-ilmu/
Komentar
Posting Komentar