Android

Android

Android adalah system operasi untuk perangkat seluler dan tablet yang banyak digunakan sekarang. Android operating system yang dikhususkan untuk perangkat mobile bukan diproritaskan PC, sejarah android pada awalnya Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile dan Nvidia.

Popularitas Android terus berkembang pesat, bukan hanya dari jumlah perangkat yang mengadopsi platform Android, tetapi juga para operator telekomunikasi yang mulai memberikan fokus yang lebih pada platform opensource yang dikembangkan Google ini. Menyebabkan meningkatnya permintaan akan aplikasi berbasis Android, oleh sebab itu sekarang menjadi developer aplikasi Android sangat menjanjikan.

Dalam sebuah konferensi telepon, seperti diwartakanThe Register, Jumat (8/11/2013), Huang menyebut Android sebagai sistem operasi paling serbaguna yang ada selama satu dekade terakhir. Fleksibilitas yang diusung Android memungkinkan sejumlah manufaktur memaksimalkannya untuk berbagai kebutuhan.

Data terbaru Localytics menyebutkan, fragmentasi perangkat Android mengarah pada satu produsen. Mudah ditebak, Samsung mendominasi 63% dari seluruh perangkat Android yang ada di pasar, termasuk smartphone, phablet dan tablet.


Daftar Pustaka:
Aingindra.” Android Adalah – Pengertian Android – Sistem Operasi” http://www.aingindra.com/android-adalah-pengertian-android-sistem-operasi.html (diakses tanggal 8 Desember 2013)
Anggraini, Ervina. (2013). Android Adalah Sistem Operasi Yang Paling Mengganggu. Liputan6, 08 November 2013 16:36
Ciu, bun ,seng.Dasar Pengoprasian Optimasi sampai Modifikasi.(2011).Jakarta:Jasakom
Hasbihtc. ” Apa Itu Android? Kelebihan HP Android ” http://www.hasbihtc.com/apa-itu-android-kelebihan-hp-android.html (diakses tanggal 8 Desember 2013)
Putera,Perdana,Wahyu.(2013). 63% Perangkat Android Adalah Buatan Samsung. Inilah.com, 11 November 2013
Safaat,Nazruddin. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC.(2011).Jakarta: Informatika



Komentar

Postingan Populer