Jumat, 22 Juni 2012

Permasalahan Sosial di Dalam Masyarakat


Permasalahan Sosial di Dalam Masyarakat

                Indonesia adalah negara yang mempunyai penduduk sangat padat terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Dengan jumlah penduduk yang banyak ini, membuat Indonesia banyak mengalami permasalah sosial.
            Masalah sosial itu sendiri adalah suatu kondisi yang dirumuskan atau dinyatakan oleh suatu entitas yang berpengaruh yang mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama.
            Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
            Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
            Misalnya saja kemiskinan , pendidikan dan kesehatan. Masalah lain yang paling banyak di indonesia juga ada seperti Banyaknya pengangguran dan kurangnya keadilan untuk masyarakat terutama masyarakat kalanagan bawah. Sudah menjadi rahasia umum, Indonesia memiliki catatan hukum yang kurang bagus. Sering kali hokum di Indonesia salah melihat atau malah tutup mata dalam pengambilan keputusannya dan memberatkan masyarakat kalangan bawah. Kesenjangan jurang pemisah antara si kaya dan si misikin menjadi dalam dan luas, bahkan banyak kasus terkdang rumah si kaya bersebelahan dengan si miskin tidak menjadikan jurang pemisah itu mengecil .


Dan berikut Contoh khasus perasalah sosial yang ada di masyarakat Indonesia.

Kemiskinan

                Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan di indonesia terjadi bukan hanya di daerah daerah yg jauh dari ibu kota saja, tetapi juga terjadi di daerah perkotaan yang banyak mengatakan kota menjanjikan ketenaran. Hal ini terjadi karena banyak faktor, dan sebab, diantaranya adalah masalah pendidikan yang belum bisa semua masyarakat indonesia rasakan karena masalhnya sebuah pendidikan di Indonesia atau malah tidak adanya sarana yang mendukung pelaksanaan pendidikan itu, kalaupun ada hanya bagi mereka yang mampu membayar lebih agar bisa merasakan sarana yang memadai. Akan tetapi menurut survai, Kemiskinan di indonesia semakin berkurang tapi kita juga bisa melihat kalau bukan berkurang malah semakin bisa dirasakan kesenjangan antara si kaya yang bisa merasakan fasilitas yang disediakan dan si miskin yang hanya menjadi penontonnya tanpa bisa merasakan dan mendapatkan manfaatnya hanya berhayal merasakannya.

 Pendidikan

Indonesia termasuk dalam negara yang tingkat pendidikannya cukup rendah di dunia. Banyak sekali anak-anak yang harusnya sekolah sambil mereka sibuk membantu orang tuanya untuk bekerja mencari nafkah yang seharus menjadi kewajiban dari orang tua mereka. Pastinya mereka (anak-anak indonesia) ingin merasakan sekolah seperti anak-anak yang lain. akan tetapi keadaan perekonomian orang tua yang kurang mampu membuat mereka sulit mendapatkan haknya tersebut untuk mendapatkan pendidikan seperti yang tertulis di undang undang atau apa itu Cuma sekedar tulisan bukan sebuah aksi nyata. Meskipun pemerintah telah mengucurkan dana BOS, tetapi pada kenyataannya masih banyak anak-anak dijalanan ketika jam sekolah , ya namanya juga BOS wajar kalau datang telat siapa yang berani memberikan SP kepada  si bos.

Kejahatan

Indonesia memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi, terlebih lagi di daerah kota besar. Jenis kejahatan yang dilakukan juga beragam, dari segi modus dan caranya. Tapi paling banyak yang terjadi adalah kejahatan yang timbul karena faktor ekonomi yang semakin mendesak perut untuk di isi. Ini terjadi bukan hanya pada orang yang kurang terpelajar, akan tetapi orang yang terpelajarpun juga kadang masuk dalam daftar orang yang melakukan tindakan kriminal. misalnya saja pemalakan, tawuran atau maling uang yang mengunakan dasi, jas bagus, lengkap dengan sepatu kulit impor dan duduk di kursi yang diperebutkan dengan kata kata manis di dalamnya. Ini bisa dilihat di acara televisi yang setiap hari pasti ada tayangan kriminal yang terjadi entah itu di ibu kota atau di daerah.

Pengangguran

Pengangguran adalah masalah serius yang dihadapi indonesia sejak beberapa tahun yang lalu hingga sekarang. Jumlah penduduk yang semakin banyak tak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang banyak pula, dan menyebabkan terjadi banyak pengangguran di mana mana. Pengangguran juga bertambah seiring kebiasaan masyarakat yang datang dari daerah memadati ibu kota. Kadang mereka datang dengan modal nekat tanpa ketrampilan khusus karena tergiur oleh cerita kalu di kota itu enak atau melihat orang lain yang sehabis pergi ke kota pulang membawa banyak buah tangan dari kota yang sebenarnya dikumpulkan dengan susah payah agar tidak malu saat pulang kekampunya sampai terkadang selepas kembali kekota mereka membawa taman atau saudara yang tidak punya keahlian sehingga di kota mereka tak pekerjaan dan hanya membuat kota semakin padat. Sebenarnya lapangan pekerjaan bisa kita ciptakan sendiri tanpa harus pergi ke ibukota dan membangun kampung kita sendri.

Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa "Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran" . Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: "Kita tidak hidup di dunia yang adil" . Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan. Keadilan adalah sesuatu yang sulit didapat karena keadilan adalah perpaduan antara hati dan logika.contoh kasus
Dimana saat ada 2 orang murid A dan B dimana murid A memiliki sifat rajin dan B malas. Sehari hari murid A selalu rajin datang kesekolah tanpa pernah bolos sedangkan B jarang sekali masuk. Suatu hari saat penentuan lulus atau gagal murid A mendapat nilai jelek dan terancam gagal dan B mendapat nilai yang sangat baik. Apakah murud A harus tidak lulus sedangkan dia rajin ? atau murid B lulus yang kebetulan nilainya lulus?


Referensi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar