Jaringan Komunikasi Dalam Kehidupan Sosial


Jaringan Komunikasi Dalam Kehidupan Sosial

Jaringan komputer 
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service) Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server) Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer.
Sejarah jaringan komputer
Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputerdan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik di tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Di tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan di tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Di tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan ataunetwork.
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) di tahun 1979. Tahun 1981,France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkanInternet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat . tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer di tahun 1992. Dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan di tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs . Di tahun yang sama Yahoo!didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :
1.    Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bankdi Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
2.    Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.
3.    Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
1.   Topologi bus
4.    Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
1.   Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
2.   Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
5.    Berdasarkan media transmisi data
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.


Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis Teknologi
Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan

Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

D. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan


Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan

komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

                      

Terhadap Kehidupan Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Michael Gurstein, (Gurstein, 2000), mendeskripsikan masyarakat informasi dengan cara berikut: Masyarakat Informatika adalah aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan masyarakat yang mencakup pembagian digital di dalam maupun antar masyarakat. Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka untuk mendekati Sistem Informasi secara sistematis dari perspektif masyarakat dan sejajar dengan Sistem Informasi Manajemen dalam pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen penggunaan dan aplikasi sistem informasi masyarakat.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
Sebagai satu bidang akademik, masyarakat informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar belakang, termasuk Ilmu Komputer, Manajemen, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Perencanaan, Sosiologi, Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan, Regional, dan Pembangunan.
Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan Pengembangan Masyarakat dan Ekonomi Lokal di Negara Berkembang maupun Maju dan memiliki hubungan dekat dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat, Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasis Masyarakat, Pendidikan Dewasa dan Lanjutan.
Masyarakat informatika adalah bagian dari struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat fundamental dalam masyarakat yang berkembang. Masyarakat informatika dapat dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk praktik masyarakat, yang didefinisikan oleh Glen (1993) sebagai Penyampaian Layanan Masyarakat, dan Tindakan Masyarakat. Khususnya, Praktik Masyarakat semakin dianggap fundamental untuk masalah-masalah sosial karena masyarakat di suatu tempat menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subyek negara/ bangsa.
Komunikasi telah memainkan peranan penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
Sejak permulaan, tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari kehidupan masyarakat).

Terhadap Pembelajaran di sekolah
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.
Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
-Presentasi
-Demonstrasi
-Kelas Virtual
Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya.Dengan menulis di Blog kita dapat :
-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan kita,
-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.
Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua sangat menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.
PENYEBAB BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian dan selalu bergantung dengan sesamanya.Maka dari itulah,manusia disebut makhluk sosial.Tetapi ketika manusia dihadapkan pada suatu kondisi yang mengharuskan dia sendiri,maka manusia itu menjadi lemah.Dengan dasar pemikiran itulah manusia terus berusaha dan berupaya agar bisa mempertahankan dirinya dan mencapai tujuannya.Salah satunya dengan membuat kelompok dan mengembangkan teknologi untuk membantu pekerjaan manusia agar mudah dilakukan.
Berikut beberapa penyebab berkembangannya teknologi:
a)      Keinginan manusia yang tidak terbatas.Hal ini mengakibatkan rasa tidak puas dengan keadaan manusia yang sekarang,sehingga manusia ingin sesuatu yang lebih.Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tersebut,maka dibutuhkan juga teknologi penunjang kebutuhan tersebut. Contoh : perkembangan kendaraan,mulai dari kendaraan tradisional hingga kendaraan modern seperti sekarang.
b)      Sifat malas manusia.Sifat malas manusia ternyata membuat manusia terus berpikir agar pekerjaannya bisa diselesaikan dengan mudah.Karenanya manusia pasti membutuhkan bantuan.Jika setiap manusia membutuhkan bantuan orang lain,maka sudah pasti tidak ada yang membantu karena mereka juga ingin menyelesaikan pekerjaan mereka.Untuk itulah manusia membuat teknologi yang lebih maju yang mampu membantu pekerjaan manusia. Contoh : penemuan remote yang berguna untuk member perintah dari jauh sehingga manusia tidak perlu lagi berjalan untuk mencapai alat yang digunakannya.
c)      Sifat manusia yang ingin serba praktis.Pemikiran ini muncul pada zaman revolusi insutri,manusia pada zaman tersebut sudah menggunakan teknologi sederhana yang membantu manusia dalam memproduksi barang-barang.Hingga sampai saat ini teknologi tersebut sudah berkembang dan menjadi lebih canggih. Contoh : perkembangan teknologi industri tekstil.
d)     Meningkatnya pendidikan manusia.Manusia sebagai makhluk hidup juga berkembang.Dengan berkembangannya teknologi,manusia juga menggunakan teknologi tersebut untuk meningkatkan kualitas dirinya agar mampu bertahan  hidup.Denga kepandaiannya,manusia juga mengembangkan teknologi demi menunjangnya kehidupan mereka.Perkembangan kualitas manusia berkaitan erat dengan perkembangan teknologi,hal ini menyebabkan simbiosis mutualisme antara manusia dengan teknologi. Contoh : perkembangan teknologi komputer.
e)      Pengunaan teknologi yang memperkecil pengeluaran manusia.Dengan adanya bantuan teknologi,biaya pengeluaran suatu industry atau pabrik menjadi lebih kecil daripada tetap menggunakan tenaga manusia dalam jumlah yang besar.Hal ini kiranya yang membuat para produsen teknologi terus-menerus mengembangkan barang temuannya untuk dijual ke perusahaan-perusahaan besar. Contoh :penggunaan mesin pabrik percetakan.

Dampak kemajuan teknologi dalam kehidupan sosial

Dampak Positif :
1)      Manusia menjadi lebih mudah dalam mencari informasi .
2)      Manusia lebih mudah untuk berkomunikasi dengan sesama tanpa perlu bertatap muka langsung .
3)      Mempermudah membentuk kelompok atau organisasi .
4)      Meningkatkan rasa percaya diri.
5)   Mempermudah manusia dalam melakukan aktifitasnya
6)   Meningkatkan hasil kerja
7)   Memanjankan manusia dalam segala kemudahanya

Dampak Negatif :
1)      Karena mudahnya membentuk suatu kelompok,hal ini juga mempermudah seseorang untuk membentuk kelompok dengan tujuan yang merugikan.
2)      Lebih rentan terhadap hal-hal yang tabu seperti SARA,penghinaan terhadap suatu golongan,penyerangan terhadap kelompok lain dalam dunia maya.
3)     karena sifatnya mempermudah manusia, akhirnya membuat manusia tergantung terhadap teknologi yang ada.
4)     membuat manusia kurang bersosialisasi, karena manusia menjadi malas untuk keluar langsung bertemu karena bisa melalui telepon atau pesan singkat.


PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DEWASA INI


Sekarang ini pertukaran/transmisi data [suara, gambar, dan informasi] dapat terjadi dimanapun di muka bumi ini. Kecanggihan-kecanggihan tersebut mengubah pola kita berkomunikasi dengan orang lain. Kita tidak perlu lagi bertemu secara tatap muka tetapi dengan kecanggihan perangkat komunikasi tidak ada kendala untuk berhubungan dengan orang lain.
Berikut perkembangan perangkat komunikasi di masa depan:
  1. Sistem berbasis satelit; Ada beberapa macam sistem satelit nantinya akan memenuhi langit untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertama adalah sistem TV siaran langsung. Kedua adalah sistem GPS (Global Positioning System). Ketiga adalah satelit yang dirancang untuk menangani ponsel. Keempat adalah satelit berkecepatan tinggi dan berorbit rendah sehingga pengguna bertukar data lebih banyak lagi dan layanan internet berbasis satelit.
  2. Dari 3G ke 4G; Telepon generasi ketiga berfungsi untuk mengirim dan menerima suara dan data pada kecepatan hingga 2 Mbps, setara dengan kecepatan koneksi internet broadband. Sedangkan telpon generasi keempat ditandai dengan layanan “i-mode” yaitu koneksi internet yang selalu on dan mampu mentransmisikan segala jenis data internet mulai dari game hingga musik.
  3. Fotonik: teknologi optik pada kecepatan luar biasa; Fotonik telah mencapai suatu tingkat penemuan yang memungkinkan serat kaca bisa membawa lebih banyak sinyal cahaya dibandingkan sebelumnya.
  4. Software-defined Radio; yaitu radio yang dikontrol perangkat lunak yang bertujuan untuk menggunakan perangkat lunak, bukan perangkat keras, untuk mengontrol beberapa piranti nirkabel yang mampu mengenali dan mengelola sinyal. Dengan cara ini, kita bisa berkomunikasi dengan peranti nirkabel apapun dan meng-upgrade ke sistem yang baru, seperti halnya teknologi selular generasi baru, tanpa harus mengganti perangkat keras yang sudah ada.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi berlangsung dari masa ke masa, mulai dari masa prasejarah hingga masa sekarang ini di mana kita melangsungkan kehidupan, dan semuanya itu disajikan khusus oleh Paseban ke dalam beberapa penjelasan singkat yang bisa Anda simak di bawah ini.
Masa Prasejarah (… s/d 3000 SM)
Pada masa ini bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua, misalnya cerita ketika berburu binatang buruannya. Hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada periode sampai tahun 3000 SM.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an SM)
·         Tahun 3000 SM
Bangasa Sumeria merupakan bangsa yang pertama kalinya telah berkomunikasi dengan sebuah tulisan dengan menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.
·         Tahun 2900 SM
Pada tahun 2900 SM bangsa Mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang dan atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi seperti sebuah gerakan, waktu juga perasaan gembira. Ketika simbol-simbol hieroglif digabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Sistem menulis juga telah digunakan oleh dinasti shang di Cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis merupakan nenek moyang langsung dari sistem menulis modern Cina saat ini, yang menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata.
·         Tahun 500 SM
Masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari serat pohon. Salah satunya adalah serat papyrus yang berasal dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini untuk dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu kertas.
·         Tahun 105 M
Pada tahun/masa 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci lalu kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditorehkan dan dilumuri tinta atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap.
Pada masa ini, bangsa Hindus di India telah membuat sistem bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.
·         1455
Johan Gutenberg mengembangkan mesin cetak untuk yang pertama kalinya dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang biss diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
·         1729
Stephen Gray yang berhasil mengirimkan sinyal listrik melalui kabel.
·         1830
Agusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia yang bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, yaitu 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
·         1837
Samuel Finley Breese Morse (peneliti Amerika) menemukan telegraph /telegraf yang pertama dan mengembangkan telegraph/telegraf dengan kode morse bersama ilmuwan dari Inggris Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
·         1861
Gambar bergerak yang diproyeksi kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.


·         1876
Alexander Graham Bell berhasil mengirimkan suara pertamanya melalui telepon di mana Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
·         1877
Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum dengan mendirikan perusahaan Bell Telephone Company, lalu kemampuan fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
·         1879
Sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor,menggantikan sistem pemanggilan nama.
·         1891
Nikola Tesia, seorang penemu Amerika dari Austria-Hungaria mengumpulkan kumpulan Telsa, sebuah transformer frekuensi tinggi sebagai komponen vital pemancar radio.
·         1895
Guglieimo Marconi, penemu Italia yang mengkombinasikan ide-ide sulit dengan idenya sendiri sehingga mampu mengirimkan sinyal komunikasi radio pertama melalui udara. Dia menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal-sinyal kode telegraf pada jarak lebih dari 1 mil.
·         1897
1.       Ferdinand Braun (fisikawan Jerman) mengembangkan sebuah tabung katoda sinar-x (Cathode Ray Tube-CRT) yang digunakan untuk membuat gambar televisi pada tahun 1907.
2.       Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
3.       Tahun 1927, film-film disertai suara mulai dihasilkan.
4.       Tahun 1936, di London telah dilakukan siaran televisi pertama dalam format hitam putih.
·         1899
Dipergunakannya sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetik yang pertama.
·         1933-1936
1.       1933, Edwin Howard Armstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation yang memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan suara yang lebih jernih meskipun cuaca sedang buruk, seperti adanya hujan dan badai.
2.       1936, terciptanya komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse.
·         1938
1.       George Valensi mulai memberi gagasan awal untuk membuat siaran televisi berwarna, karena merasa tampilan televisi hitam putih kurang bagus.
2.       Tahun 1953 siaran berwarna secara resmi tiba di Amerika Serikat, tepatnyapada tanggal 7 Desember 1953.
·         1945
Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan Hypertext.

·         1946
ENIAC 1 dikembangkan,sebagai komputer digital pertama di dunia.
·         1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transiator.
·         1957
USSR (Rusia) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang Militer.
·         1958
Telegraph/telegraf kabel bawah laut pertama kali di bawah laut Samudra Atlantik.
·         1962
1.       and Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
2.       Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962 yang merupakan hasil kolaborasi NASA dengan Bell system. Telstar kemudian digunakan untuk melayani telepon jarak jauh.
·         1969
1.       Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik) antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
·         1970-1972
1.       1971, Diciptakannya Disket pertama di dunia.
2.       1972, Ray Tomlison menciptakan program email yang pertama.
·         1973-1990
1.       Diperkenalkannya istilah INTERNET
2.       Dilakukannya pengembangan sebuah mengenai TCP/IP
3.       Dilakukannya pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.
4.       1980, Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia.
5.       1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
6.       1985, Ditemukannya cakram penyimpan data (CD).
7.       1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi se4bagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
·         1991-skrg
1.       1992 diperkenalkannya istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.
2.       1993, NSF membentuk Inter NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh ATT), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc.) dan jasa informasi oleh General Atomics/CERnet.
3.       1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.
4.       1999, Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com
Inovasi - inovasi terbaru yang berkaitan dengan masa depan
iPad 3
produk terbaru yang akan dikeluarkan Apple yakni iPad 3 yang diyakini rilis pada awal 2012.
iPad 3 sebenarnya akan rilis bersamaan dengan iPhone 5 yang kabar hangatnya rilis pada bulan September ini, namun karena ada salah satu proyek yang belum terselesaikan yakni retina display yang rencananya akan dipasang di iPad 3 masih belum siap.
Generasi terbaru iPad ini dikabarkan akan menampilkan display resolusi tinggi yakni 2048 x 1536 dan memiliki layar 9.7 inch, dibandingkan dengan resolusi iPad 2 yang hanya memiliki 1024 x 768.
Dikabarkan juga supplier komponen telah melakukan pengapalan sejumlah kecil komponen untuk sampling iPad 3. Namun, juru bicara Apple di Beijing, China, Carolyn Wu, menolak berkomentar. Salah satu perusahaan penyuplai asal Taiwan, Hon Hai Precision Industry, juga menolak berkomentar mengenai kabar ini.

iphone 5

Mengutip sumber yang diklaim amat terpercaya, situs teknologi Engadget, menyatakan Apple bakal memberi teknologi mobile terkini di iPhone 5. Termasuk CPU A5, prosesor dual core berbasis ARM Cortex A9 yang dijanjikan membuat ponsel lebih bertenaga.
Kemudian, desain iPhone 5 akan berubah total sehingga wujudnya cukup berbeda dibanding para pendahulunya. Prototipe iPhone 5 tersebut dilaporkan sudah diujicoba oleh para staff di kantor pusat Apple.
Terakhir, teknologi GSM radio di iPhone 5 tak lagi memakai chipset dari Infineon, melainkan produk Qualcomm. Konon, hal ini untuk menghindari masalah ‘antennagate’ yang sempat jadi kasus di iPhone 4.
Dikutip detikINET dari TechRadar, iPhone 5 diproyeksi akan meluncur bulan Juni 2011. Kita tunggu saja tanggal mainnya dan membuktikan apakah semua rumor yang kini berkembang benar adanya.
Jadi, sebagai saran, tunda dulu keinginan kamu untuk membeli iPhone 4. Lebih baik kita menunggu iPhone 5 saja.

Koran Masa Depan dengan Sentuhan Teknologi Terbaru

Koran memberikan banyak manfaatkepada kita. Sebagai sumber informasi, sumber bahan bacaan, bahkan referensi untuk kita. Koran juga dapat menjadi Media komunikasi massa yang cukup efektf untuk mempromosikan suatu produk. Karena sebab itulah dalam bahasa inggris benda ini disebut sebagai newspaper. Yup, kertas berita. atau surat kabar.
Sadar atau tidak, ada beberapa disadvantage yang kita peroleh dari koran. Bagi bumi tercinta, koran berperan besar menghabiskan stok hutan karena pemakaian kertas besar-besaran untuk mencetaknya. Setiap hari, jutaan exsemplar koran digandakan diseluruh dunia. Tentunya, jutaan kilo kertas pula yang dipakai untuk membuatnya. Dari sisi pengguna pemakaian kertas ini juga akan menambah biaya yang harus dikeluarkan untuk membaca informasi pada koran. Tentunya pengguna koran (pembaca) akan direpotkan juga dengan limbah koran yang menggunung setiap bulannya.
Nah, dari beberapa kesulitan tadi, muncullah ide untuk membuat koran tanpa kertas. Paperless newspapers. Agak Lucu juga konsepnya, Masa kertas berita tanpa kertas.. heehhe. Sekalilagi saya tekankan bahwa teknologi ini masih sebatas konsep, belum direalisasikan.
Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari content yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya.




Koran ini sendiri sejatinya adalah sebuah display dengan ukuran tertentu (lihat gambar). Yang entah terbuat dari apa (saran:e-paper). Memiliki sifat fleksibel dan transparan saat tidak menampilkan berita. Koran ini juga dilenglapi dengan tombol untuk membaca halaman selanjutnya atau sebelumnya.


















Referensi:
sandysaysinformation.blogspot.com
idgeeks.net
http://www.shirogadget.net/inilah-masa-depan-koran-dengan-sentuhan-teknologi-terbaru/
















Komentar

Postingan Populer