Jaringan Komunikasi Dalam Kehidupan Sosial
Jaringan Komunikasi Dalam Kehidupan Sosial
Jaringan
komputer
Jaringan
komputer (jaringan)
adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer
yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi
(surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan
komputer adalah Agar
dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta
dan memberikan layanan (service) Pihak
yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan
yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server) Desain
ini disebut dengan sistem client-server, dan
digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer.
Sejarah jaringan komputer
Sejarah
jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah
proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium
Bell dan
group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek
tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus
dipakai bersama.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu
kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa
program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian
ditahun 1950-an
ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka
sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal),
untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal
dengan nama TSS (Time Sharing System).Maka
untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa
terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang
terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai
terlihat perpaduan teknologi
komputerdan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya
berkembang sendiri-sendiri. Departemen
Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga
membentuk jaringan organik di tahun 1969.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Di
tahun 1970,
sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan di tahun 1970 itu juga setelah beban
pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa
sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed
Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan
sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara
seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi
sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi
komputer dan telekomunikasi,
karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani
terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Di
tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan
program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon
at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau
“pada”. Tahun 1973,
jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.
Komputer University
College di London merupakan komputer
pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama
yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah
gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan
untuk pertama kalinya di Universitas
Sussex. Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976,
ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals
and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah
lebih dari 100 komputer yang bergabung
di ARPANET membentuk sebuah jaringan ataunetwork.
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) di
tahun 1979.
Tahun 1981,France Telecom menciptakan sesuatu hal
yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang
bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.
Seiring
dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah
protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu,
pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal
dengan sebutan Internet
Protocol (IP)
yang kita kenal hingga saat ini. Sementara
itu, di Eropa muncul sebuah jaringan
serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi
wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia.
Jaringan EUNET ini menyediakan jasa
surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang
kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987,
jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan
komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus
memperkenalkanInternet Relay Chat atau lebih dikenal
dengan IRC yang memungkinkan dua
orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan
pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun
kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat . tak
kurang dari 100000 komputer membentuk
sebuah jaringan. Pertengahan
tahun 1990 merupakan tahun yang
paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah
programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu
dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang
disebut Waring Wera
Wanua atau World Wide Web.
Komputer
yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer di
tahun 1992. Dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing (menjelajah). Dan di
tahun 1994,
situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan
untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs . Di
tahun yang sama Yahoo!didirikan,
yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape
Navigator 1.0.
Klasifikasi
jaringan komputer terbagi menjadi :
1.
Berdasarkan geografisnya, jaringan
komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah
luas atau Wide Area
Network (WAN). Jaringan
wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau
tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan
untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation)
dalam kantor suatu perusahaan atau
pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan
saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan
wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri
atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan
adalah kabel serat optik (Coaxial Cable). Jaringan wilayah luas
Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi,
antar negara,
bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup
seluruh dunia,
misalnya jaringan yang menghubungkan semua bankdi Indonesia, atau
jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama
adalah komunikasi lewat satelit,
tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
2.
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi
Jaringan Klien-server (Client-server)
dan Jaringan Ujung
ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server
pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer
lainnya yang sebagai klien (client). Semua
permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen,
komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi
permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer
menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu
saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer
klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk),
maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan
jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling
mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya
dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari
komputer lainnya. Model
jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak
terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet
bilamana komputer terlalu banyak.
1.
Topologi bus
4.
Berdasarkan distribusi sumber
informasi/data
1.
Jaringan terpusat
Jaringan
ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien
yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu
komputer peladen.
2.
Jaringan terdistribusi
Merupakan
perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan
dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
5.
Berdasarkan media transmisi data
Pada
jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan
penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi
dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Merupakan
jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada
jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena
menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi
antar komputer jaringan.
Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Banyak sekali manfaat dari pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut
manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan
mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia
untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari
Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis,
sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
A. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam
dunia bisnis Teknologi
Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk
perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce
adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
D. Penerapan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk
mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam
kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan
komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Terhadap Kehidupan
Bermasyarakat
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya, tetapi ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan masyarakat lokal. Masyarakat informatika tidak hanya menghadapkan teknologi, tetapi juga gagasan sosial yang dikenal sebagai modal sosial. Masyarakat informatika juga memperkenalkan dimensi baru ke dalam konsep pembagian masyarakat berdasarkan modal budaya dan kelas sosial yang menstratifikasi masyarakat.
Michael Gurstein, (Gurstein, 2000), mendeskripsikan masyarakat informasi
dengan cara berikut: Masyarakat Informatika adalah aplikasi teknologi informasi
dan komunikasi untuk memungkinkan proses masyarakat dan pencapaian tujuan
masyarakat yang mencakup pembagian digital di dalam maupun antar masyarakat.
Masyarakat informatika muncul sebagai kerangka untuk mendekati Sistem Informasi
secara sistematis dari perspektif masyarakat dan sejajar dengan Sistem
Informasi Manajemen dalam pengembangan strategi dan teknik untuk manajemen
penggunaan dan aplikasi sistem informasi masyarakat.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
Masyarakat informatika mengatasi hubungan antara teori akademik dan penelitian, masalah kebijakan dan pragmatis yang timbul dari puluhan ribu “Jaringan Masyarakat”, “Pusat Teknologi Masyarakat”, Telecentre, Pusat Komunikasi Masyarakat, dan Telecottage yang saat ini berada secara global.
Sebagai satu bidang akademik, masyarakat
informatika mengambil sumber daya dan partisipan dari serangkaian latar
belakang, termasuk Ilmu Komputer, Manajemen, Ilmu Informasi dan Perpustakaan,
Perencanaan, Sosiologi, Pendidikan, Kebijakan Sosial, dan penelitian Pedesaan,
Regional, dan Pembangunan.
Sebagai suatu praktik, masyarakat informatika
merupakan kepentingan bagi mereka yang perhatian dengan Pengembangan Masyarakat
dan Ekonomi Lokal di Negara Berkembang maupun Maju dan memiliki hubungan dekat
dengan mereka yang bekerja di bidang-bidang seperti Pembangunan Masyarakat,
Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Informatika Kesehatan Berbasis Masyarakat,
Pendidikan Dewasa dan Lanjutan.
Masyarakat informatika adalah bagian dari
struktur masyarakat di dunia yang muncul dan memiliki peran di sejumlah tingkat
fundamental dalam masyarakat yang berkembang. Masyarakat informatika dapat
dideskripsikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk
praktik masyarakat, yang didefinisikan oleh Glen (1993) sebagai Penyampaian
Layanan Masyarakat, dan Tindakan Masyarakat. Khususnya, Praktik Masyarakat
semakin dianggap fundamental untuk masalah-masalah sosial karena masyarakat di
suatu tempat menghadapi dunia perdagangan modern yang kurang menjadi subyek
negara/ bangsa.
Komunikasi telah memainkan peranan penting
dalam mengembangkan dan mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara
geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena
terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa
komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
Sejak permulaan, tujuan utama teknologi
masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi
dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat
lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari
kehidupan masyarakat).
Terhadap Pembelajaran di sekolah
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK
dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang
harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya
:
-Adanya akses teknologi internet untuk guru
maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan
siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap
perkembangan TIK.
Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan
teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena
pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam
pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi
subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan
pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses
internet di lingkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi
kemudahan akses di tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa
lebih terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
diantaranya :
-Presentasi
-Demonstrasi
-Kelas Virtual
Blog sekarang memang menjadi tempat bagi
semua orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas
sehari-harinya.Dengan menulis di Blog kita dapat :
-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam
menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan
komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan kita,
-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di
dunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi, nah apabila kita
terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasa menggunakan teknologi dalam
menjalani kehidupan.
Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang
diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah
internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti
mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua
sangat menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.
PENYEBAB
BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI
Manusia
adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian dan selalu bergantung
dengan sesamanya.Maka dari itulah,manusia disebut makhluk sosial.Tetapi ketika
manusia dihadapkan pada suatu kondisi yang mengharuskan dia sendiri,maka
manusia itu menjadi lemah.Dengan dasar pemikiran itulah manusia terus berusaha
dan berupaya agar bisa mempertahankan dirinya dan mencapai tujuannya.Salah
satunya dengan membuat kelompok dan mengembangkan teknologi untuk membantu
pekerjaan manusia agar mudah dilakukan.
Berikut
beberapa penyebab berkembangannya teknologi:
a)
Keinginan manusia yang tidak terbatas.Hal ini mengakibatkan rasa tidak puas
dengan keadaan manusia yang sekarang,sehingga manusia ingin sesuatu yang
lebih.Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tersebut,maka dibutuhkan juga
teknologi penunjang kebutuhan tersebut. Contoh : perkembangan kendaraan,mulai
dari kendaraan tradisional hingga kendaraan modern seperti sekarang.
b)
Sifat malas manusia.Sifat malas manusia ternyata membuat manusia terus berpikir
agar pekerjaannya bisa diselesaikan dengan mudah.Karenanya manusia pasti
membutuhkan bantuan.Jika setiap manusia membutuhkan bantuan orang lain,maka
sudah pasti tidak ada yang membantu karena mereka juga ingin menyelesaikan
pekerjaan mereka.Untuk itulah manusia membuat teknologi yang lebih maju yang
mampu membantu pekerjaan manusia. Contoh : penemuan remote yang berguna untuk
member perintah dari jauh sehingga manusia tidak perlu lagi berjalan untuk
mencapai alat yang digunakannya.
c)
Sifat manusia yang ingin serba praktis.Pemikiran ini muncul pada zaman revolusi
insutri,manusia pada zaman tersebut sudah menggunakan teknologi sederhana yang
membantu manusia dalam memproduksi barang-barang.Hingga sampai saat ini
teknologi tersebut sudah berkembang dan menjadi lebih canggih. Contoh :
perkembangan teknologi industri tekstil.
d)
Meningkatnya pendidikan manusia.Manusia sebagai makhluk hidup juga
berkembang.Dengan berkembangannya teknologi,manusia juga menggunakan teknologi
tersebut untuk meningkatkan kualitas dirinya agar mampu bertahan
hidup.Denga kepandaiannya,manusia juga mengembangkan teknologi demi
menunjangnya kehidupan mereka.Perkembangan kualitas manusia berkaitan erat dengan
perkembangan teknologi,hal ini menyebabkan simbiosis mutualisme antara manusia
dengan teknologi. Contoh : perkembangan teknologi komputer.
e)
Pengunaan teknologi yang memperkecil pengeluaran manusia.Dengan adanya bantuan
teknologi,biaya pengeluaran suatu industry atau pabrik menjadi lebih kecil
daripada tetap menggunakan tenaga manusia dalam jumlah yang besar.Hal ini
kiranya yang membuat para produsen teknologi terus-menerus mengembangkan barang
temuannya untuk dijual ke perusahaan-perusahaan besar. Contoh :penggunaan mesin
pabrik percetakan.
Dampak kemajuan teknologi
dalam kehidupan sosial
Dampak
Positif :
1)
Manusia
menjadi lebih mudah dalam mencari informasi .
2)
Manusia
lebih mudah untuk berkomunikasi dengan sesama tanpa perlu bertatap muka
langsung .
3)
Mempermudah
membentuk kelompok atau organisasi .
4)
Meningkatkan
rasa percaya diri.
5) Mempermudah
manusia dalam melakukan aktifitasnya
6) Meningkatkan
hasil kerja
7) Memanjankan
manusia dalam segala kemudahanya
Dampak
Negatif :
1)
Karena
mudahnya membentuk suatu kelompok,hal ini juga mempermudah seseorang untuk
membentuk kelompok dengan tujuan yang merugikan.
2)
Lebih
rentan terhadap hal-hal yang tabu seperti SARA,penghinaan terhadap suatu
golongan,penyerangan terhadap kelompok lain dalam dunia maya.
3) karena
sifatnya mempermudah manusia, akhirnya membuat manusia tergantung terhadap
teknologi yang ada.
4) membuat
manusia kurang bersosialisasi, karena manusia menjadi malas untuk keluar
langsung bertemu karena bisa melalui telepon atau pesan singkat.
PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DEWASA INI
Sekarang
ini pertukaran/transmisi data [suara, gambar, dan informasi] dapat terjadi
dimanapun di muka bumi ini. Kecanggihan-kecanggihan tersebut mengubah pola kita
berkomunikasi dengan orang lain. Kita tidak perlu lagi bertemu secara tatap
muka tetapi dengan kecanggihan perangkat komunikasi tidak ada kendala untuk
berhubungan dengan orang lain.
Berikut
perkembangan perangkat komunikasi di masa depan:
- Sistem berbasis satelit; Ada beberapa macam sistem satelit nantinya akan memenuhi langit untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertama adalah sistem TV siaran langsung. Kedua adalah sistem GPS (Global Positioning System). Ketiga adalah satelit yang dirancang untuk menangani ponsel. Keempat adalah satelit berkecepatan tinggi dan berorbit rendah sehingga pengguna bertukar data lebih banyak lagi dan layanan internet berbasis satelit.
- Dari 3G ke 4G; Telepon generasi ketiga berfungsi untuk mengirim dan menerima suara dan data pada kecepatan hingga 2 Mbps, setara dengan kecepatan koneksi internet broadband. Sedangkan telpon generasi keempat ditandai dengan layanan “i-mode” yaitu koneksi internet yang selalu on dan mampu mentransmisikan segala jenis data internet mulai dari game hingga musik.
- Fotonik: teknologi optik pada kecepatan luar biasa; Fotonik telah mencapai suatu tingkat penemuan yang memungkinkan serat kaca bisa membawa lebih banyak sinyal cahaya dibandingkan sebelumnya.
- Software-defined Radio; yaitu radio yang dikontrol perangkat lunak yang bertujuan untuk menggunakan perangkat lunak, bukan perangkat keras, untuk mengontrol beberapa piranti nirkabel yang mampu mengenali dan mengelola sinyal. Dengan cara ini, kita bisa berkomunikasi dengan peranti nirkabel apapun dan meng-upgrade ke sistem yang baru, seperti halnya teknologi selular generasi baru, tanpa harus mengganti perangkat keras yang sudah ada.
Perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Perkembangan teknologi berlangsung dari masa ke masa,
mulai dari masa prasejarah hingga masa sekarang ini di mana kita melangsungkan
kehidupan, dan semuanya itu disajikan khusus oleh Paseban ke dalam beberapa penjelasan singkat yang bisa Anda
simak di bawah ini.Masa Prasejarah (… s/d 3000 SM)
Pada masa ini bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua, misalnya cerita ketika berburu binatang buruannya. Hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada periode sampai tahun 3000 SM.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an SM)
·
Tahun
3000 SM
Bangasa
Sumeria merupakan bangsa yang pertama kalinya telah berkomunikasi dengan sebuah
tulisan dengan menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda (penyebutan),
sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kata, kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.
·
Tahun
2900 SM
Pada
tahun 2900 SM bangsa Mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari
simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang dan atau kapal-kapal.
Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi seperti
sebuah gerakan, waktu juga perasaan gembira. Ketika simbol-simbol hieroglif
digabungkan maka akan terciptalah bagaimana cara pengucapannya serta
menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih
maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Sistem
menulis juga telah digunakan oleh dinasti shang di Cina yang memerintah pada
tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis merupakan nenek moyang langsung dari sistem
menulis modern Cina saat ini, yang menggunakan simbol atau karakter untuk
masing-masing kata.
·
Tahun
500 SM
Masa
ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan
lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk
menyimpan informasi yang lebih baik dari serat pohon. Salah satunya adalah
serat papyrus yang berasal dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil
ini untuk dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus
lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media
informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang
kita kenal sekarang ini yaitu kertas.
·
Tahun
105 M
Pada
tahun/masa 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat serat
bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci lalu kemudian diratakan dan
dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan
dengan menggunakan blok kayu yang ditorehkan dan dilumuri tinta atau yang
sekarang kita kenal dengan sistem cap.
Pada
masa ini, bangsa Hindus di India telah membuat sistem bilangan 9 digit yang sampai
saat ini kita gunakan.
·
1455
Johan
Gutenberg mengembangkan mesin cetak untuk yang pertama kalinya dengan
menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang biss diganti-ganti dalam
bingkai yang terbuat dari kayu.
·
1729
Stephen
Gray yang berhasil mengirimkan sinyal listrik melalui kabel.
·
1830
Agusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia yang bekerjasama
dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu
menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah
kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun
cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, yaitu 94 tahun
sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
·
1837
Samuel
Finley Breese Morse (peneliti Amerika) menemukan telegraph /telegraf yang
pertama dan mengembangkan telegraph/telegraf dengan kode morse bersama ilmuwan
dari Inggris Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
·
1861
Gambar bergerak yang diproyeksi kedalam sebuah layar pertama kali
digunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
·
1876
Alexander Graham Bell berhasil mengirimkan suara pertamanya melalui
telepon di mana Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
·
1877
Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama
kali secara umum dengan mendirikan perusahaan Bell Telephone Company, lalu
kemampuan fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.
·
1879
Sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor,menggantikan sistem
pemanggilan nama.
·
1891
Nikola Tesia, seorang penemu Amerika dari Austria-Hungaria mengumpulkan
kumpulan Telsa, sebuah transformer frekuensi tinggi sebagai komponen vital
pemancar radio.
·
1895
Guglieimo Marconi, penemu Italia yang mengkombinasikan ide-ide sulit dengan
idenya sendiri sehingga mampu mengirimkan sinyal komunikasi radio pertama
melalui udara. Dia menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan
sinyal-sinyal kode telegraf pada jarak lebih dari 1 mil.
·
1897
1.
Ferdinand
Braun (fisikawan Jerman) mengembangkan sebuah tabung katoda sinar-x (Cathode
Ray Tube-CRT) yang digunakan untuk membuat gambar televisi pada tahun 1907.
2.
Tahun
1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
3.
Tahun
1927, film-film disertai suara mulai dihasilkan.
4.
Tahun
1936, di London telah dilakukan siaran televisi pertama dalam format hitam
putih.
·
1899
Dipergunakannya sistem penyimpanan dalam tape (pita)
magnetik yang pertama.
·
1933-1936
1.
1933,
Edwin Howard Armstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation
yang memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan suara yang lebih jernih meskipun
cuaca sedang buruk, seperti adanya hujan dan badai.
2.
1936,
terciptanya komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh
Konrad Zuse.
·
1938
1.
George
Valensi mulai memberi gagasan awal untuk membuat siaran televisi berwarna,
karena merasa tampilan televisi hitam putih kurang bagus.
2.
Tahun
1953 siaran berwarna secara resmi tiba di Amerika Serikat, tepatnyapada tanggal
7 Desember 1953.
·
1945
Vannevar Bush mengembangkan system pengkodean menggunakan Hypertext.
·
1946
ENIAC 1 dikembangkan,sebagai komputer digital pertama di dunia.
·
1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transiator.
·
1957
USSR (Rusia) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang
pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk
Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan departemen
Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi
dalam bidang Militer.
·
1958
Telegraph/telegraf kabel bawah laut pertama kali di bawah laut Samudra
Atlantik.
·
1962
1.
and
Paul Barand dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem
jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran
peluru kendali dalam perang nuklir.
2.
Telstar,
satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli
1962 yang merupakan hasil kolaborasi NASA dengan Bell system. Telstar kemudian
digunakan untuk melayani telepon jarak jauh.
·
1969
1.
Sistem
jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik) antara
University of California, SRI (Stanford), University California of Santa
Barbara dan University of Utah dengan kekuatan 50 Kbps.
·
1970-1972
1.
1971,
Diciptakannya Disket pertama di dunia.
2.
1972,
Ray Tomlison menciptakan program email yang pertama.
·
1973-1990
1.
Diperkenalkannya
istilah INTERNET
2.
Dilakukannya
pengembangan sebuah mengenai TCP/IP
3.
Dilakukannya
pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup
dari DARPA.
4.
1980,
Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia.
5.
1981,
National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan
kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
6.
1985,
Ditemukannya cakram penyimpan data (CD).
7.
1986,
IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi se4bagai alat koordinasi di
antara DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
·
1991-skrg
1.
1992
diperkenalkannya istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN.
2.
1993,
NSF membentuk Inter NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut
direktori dan penyimpanan data serta database (oleh ATT), jasa registrasi (oleh
Network Solution Inc.) dan jasa informasi oleh General Atomics/CERnet.
3.
1995,
perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone.
4.
1999,
Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu
Google.com
Inovasi
- inovasi terbaru yang berkaitan dengan masa depan
iPad 3
produk
terbaru yang akan dikeluarkan Apple yakni iPad 3 yang diyakini rilis pada awal
2012.
iPad 3 sebenarnya akan rilis
bersamaan dengan iPhone 5 yang kabar hangatnya rilis pada bulan September ini,
namun karena ada salah satu proyek yang belum terselesaikan yakni retina
display yang rencananya akan dipasang di iPad 3 masih belum siap.Generasi terbaru iPad ini dikabarkan akan menampilkan display resolusi tinggi yakni 2048 x 1536 dan memiliki layar 9.7 inch, dibandingkan dengan resolusi iPad 2 yang hanya memiliki 1024 x 768.
Dikabarkan juga supplier komponen telah melakukan pengapalan sejumlah kecil komponen untuk sampling iPad 3. Namun, juru bicara Apple di Beijing, China, Carolyn Wu, menolak berkomentar. Salah satu perusahaan penyuplai asal Taiwan, Hon Hai Precision Industry, juga menolak berkomentar mengenai kabar ini.
iphone 5
Mengutip sumber yang diklaim amat terpercaya, situs teknologi Engadget,
menyatakan Apple bakal memberi teknologi mobile terkini di iPhone 5. Termasuk
CPU A5, prosesor dual core berbasis ARM Cortex A9 yang dijanjikan membuat
ponsel lebih bertenaga.
Kemudian, desain iPhone 5 akan berubah total sehingga wujudnya cukup berbeda dibanding para pendahulunya. Prototipe iPhone 5 tersebut dilaporkan sudah diujicoba oleh para staff di kantor pusat Apple.
Terakhir, teknologi GSM radio di iPhone 5 tak lagi memakai chipset dari Infineon, melainkan produk Qualcomm. Konon, hal ini untuk menghindari masalah ‘antennagate’ yang sempat jadi kasus di iPhone 4.
Dikutip detikINET dari TechRadar, iPhone 5 diproyeksi akan meluncur bulan Juni 2011. Kita tunggu saja tanggal mainnya dan membuktikan apakah semua rumor yang kini berkembang benar adanya.
Jadi, sebagai saran, tunda dulu keinginan kamu untuk membeli iPhone 4. Lebih baik kita menunggu iPhone 5 saja.
Kemudian, desain iPhone 5 akan berubah total sehingga wujudnya cukup berbeda dibanding para pendahulunya. Prototipe iPhone 5 tersebut dilaporkan sudah diujicoba oleh para staff di kantor pusat Apple.
Terakhir, teknologi GSM radio di iPhone 5 tak lagi memakai chipset dari Infineon, melainkan produk Qualcomm. Konon, hal ini untuk menghindari masalah ‘antennagate’ yang sempat jadi kasus di iPhone 4.
Dikutip detikINET dari TechRadar, iPhone 5 diproyeksi akan meluncur bulan Juni 2011. Kita tunggu saja tanggal mainnya dan membuktikan apakah semua rumor yang kini berkembang benar adanya.
Jadi, sebagai saran, tunda dulu keinginan kamu untuk membeli iPhone 4. Lebih baik kita menunggu iPhone 5 saja.
Koran Masa Depan dengan Sentuhan Teknologi Terbaru
Koran memberikan banyak manfaatkepada kita. Sebagai sumber informasi, sumber bahan bacaan, bahkan referensi untuk kita. Koran juga dapat menjadi Media komunikasi massa yang cukup efektf untuk mempromosikan suatu produk. Karena sebab itulah dalam bahasa inggris benda ini disebut sebagai newspaper. Yup, kertas berita. atau surat kabar.Sadar atau tidak, ada beberapa disadvantage yang kita peroleh dari koran. Bagi bumi tercinta, koran berperan besar menghabiskan stok hutan karena pemakaian kertas besar-besaran untuk mencetaknya. Setiap hari, jutaan exsemplar koran digandakan diseluruh dunia. Tentunya, jutaan kilo kertas pula yang dipakai untuk membuatnya. Dari sisi pengguna pemakaian kertas ini juga akan menambah biaya yang harus dikeluarkan untuk membaca informasi pada koran. Tentunya pengguna koran (pembaca) akan direpotkan juga dengan limbah koran yang menggunung setiap bulannya.
Nah, dari beberapa kesulitan tadi, muncullah ide untuk membuat koran tanpa kertas. Paperless newspapers. Agak Lucu juga konsepnya, Masa kertas berita tanpa kertas.. heehhe. Sekalilagi saya tekankan bahwa teknologi ini masih sebatas konsep, belum direalisasikan.
Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari content yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya.
Koran ini sendiri sejatinya adalah sebuah display dengan ukuran tertentu (lihat gambar). Yang entah terbuat dari apa (saran:e-paper). Memiliki sifat fleksibel dan transparan saat tidak menampilkan berita. Koran ini juga dilenglapi dengan tombol untuk membaca halaman selanjutnya atau sebelumnya.
Referensi:
sandysaysinformation.blogspot.comidgeeks.net
http://www.shirogadget.net/inilah-masa-depan-koran-dengan-sentuhan-teknologi-terbaru/
Komentar
Posting Komentar